CARA UPLOAD FILE EZ EMIS KE APLIKASI BIO UN


hari-hari ini menjadi waktu tersibuk bagi operator madrasah khususnya Madrasah Aliyah karena batas akhir waktu pendaftaran Calon Peserta UN pad aplikasi BIO UN yang sudah didepan mata yakni 15 Desember 2017. Selain batas akhir yang sudah sangat dekat, masih banyak terdapat kendala yang ditemui operator saat menguload file ez dari aplikasi EMIS ke aplikasi BIO Un. Untuk itu, dalam postingan kali ini, akan saya bahas terkait cara upload file ez itu ke dalam aplikasi Bio UN hingga tahapan penentuan pilihan mapel peminatan bagi tiap siswa MA.


  1. Jika Lembaga telah selesai melakukan Verval CapesUN pada aplikasi EMIS, maka akan memperoleh file BIO UN dalam eksistensi .ez. Contoh : 60728189-MAS-Lamakera.ez 
  2. Login ke aplikasi bio un dengan alamat https://biounsmama.kemdikbud.go.id
    dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan.
  3. Pada saat pertama kali masuk, maka user diminta untuk melakukan perubahan password dan update data user, lalu simpan dan lakukan login ulang.
  4. Setelah berhasil login, masuk ke menu DATA SISWA >> Database >> Upload file DZ/ez emis >> pilih file ez yang akan diupload >> Start Upload >> Proses data UN.
  5. Jika datanya sudah valid maka proses upload akan berjalan dengan baik, namun jika terdapat data yang tidak valid maka akan muncul keterangan data yang harus dilakukan perbaikan lagi.
  6. Lakukan perbaikan data sesuai keterangan yang muncul pada aplikasi EMIS
  7. Setelah diperbaiki, upload ulang file ez. terbaru ke alikasi BIO UN
  8. Setelah berhasil terupload, masuk ke menu DATA SISWA >> Edit Per Field >> Tentukan Pilihan Jurusan dan Rombel >> Pilih salah satu mapel yang tersedia sebagai mapel peminatan bagi masing masing siswa yang ada
  9. Lakukan langkah "8" untuk setiap rombel dan jurusan yang ada.
Untuk lebih jelasnya, silahkan download Tutorial Cara Upload file .ez EMIS ke BIO UN (KLIK DISINI)


Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama